Resep Terbaru Kering Tempe Tempe Orek temen makan Nasi Kuning Ala Warung


Memasak Kering Tempe / Tempe Orek temen makan Nasi Kuning mudah, cepat, praktis. Cara membuat tempe orek kering sangat mudah, makanan ini juga bisa jadi stok lauk yang awet. Salah satu makanan olahan dari tempe yang sering dibuat adalah tempe orek kering. Sajian ini juga sering menjadi makanan pendamping untuk makan nasi kuning bersama sambal goreng dan.

Kering Tempe / Tempe Orek temen makan Nasi Kuning

Tahaap terakhir bikin pesanan nasi kuning adalah bikin kering tempe.

Silahkandi tonton, dan bisa di coba ya.

Homepage » Resep Masakan » Cara Membuat Tempe Orek Kering Pasti Enak.

Sore Mamiku, sekarang bunda dapat memasak resep Kering Tempe / Tempe Orek temen makan Nasi Kuning dengan 15 bahan dan 11 tahapan. Di bawah ini bun cara memasaknya, tolong perhatikan ya bun.

Dalam memasak ada beberapa jenjang yang harus di lakukan, mulai menyiapkan bahan, alat memasak, dan juga paham cara memulai dari awal hingga kuliner siap di hidangkan dan dirasakan. Pastikan Bunda punya waktu yang cukup dan tak sedang memikirkan hal lain, karena akan mengakibatkan makanan jadi gosong, rasa tak layak yang di inginkan, dan banyak yang lainnya.


Bahan bahan Kering Tempe / Tempe Orek temen makan Nasi Kuning

  1. Persiapkan 1 papan : tempe.

  2. Menyiapkan 5 siung : bawang merah.

  3. Persiapkan 3 siung : bawang putih.

  4. Persiapkan Seruas : langkuas, geprek.

  5. Persiapkan 1 batang : sereh, memarkan.

  6. Persiapkan 3-4 lembar : daun salam.

  7. Persiapkan 3-4 lembar : daun jeruk.

  8. Persiapkan : Air asam jawa.

  9. Dibutuhkan 1-2 buah : cabai hijau or merah (optional ya).

  10. Menyiapkan : Buat rasa-rasa (secukupnya ya, sesuaikan dengan lidah).

  11. Persiapkan : Kecap Manis.

  12. Dibutuhkan : Garam.

  13. Siapkan : Micin / Penyedap rasa (boleh pakai, boleh skip).

  14. Persiapkan : Gula Putih.

  15. Dibutuhkan secukupnya : Air.

Nasi kuning sambel goreng tempe, Nasi Kuning dan Sambal Teri Kacang Tempe, Sambal Goreng Tempe, Nasi kuning magicom mudah, Nasi kunyit(nasi kuning)magicom, Nasi kuning tumpeng.

Orek tempe kering. cara sangat mudah Bahan: Tempe Cabe besar Cabe rawit Bawang merah Bawang putih Asam jawa Daun .

Kering tempe jadi salah satu cara andalan mengolah tempe.

Tambahkan ikan teri agar rasanya makin nikmat.

Jika semua komposisi Kering Tempe / Tempe Orek temen makan Nasi Kuning sudah siap, kita masuk ke tahap memasak. berikut di bawah adalah cara menyiapkan dengan gampang.


Tahapan memasak Kering Tempe / Tempe Orek temen makan Nasi Kuning

  1. Pertama, potong tempe seperti korek api ya. Semakin tipis semakin bagus, tapi waktu menggoreng harus lebih hati-hati supaya nggak gosong.

  2. Panaskan api, dan tunggu sampai api benar-benar panas yaa baru kita masukan si tempe. Kalau ngga panas, nanti tempenya berminyak. Goreng sampai benar2 kering dan garing, supaya bisa awet si oreknya..

  3. Sambil menunggu, siapkan bahan lain ya. Untuk bawang merah, putih dan cabe boleh di iris-iris tipis.

  4. Setelah tempe kering, angkat dan sisihkan. Panaskan minyak dan masukkan irisan bahan tadi plus langkuas, sereh dan salam..

  5. Tunggu sampai harum, kemudian masukan gula pasir, kecap manis, dan air asam jawa. Aduk sampai meletup-letup. Boleh lamaan ya (dengan api kecil) supaya si bumbu meresep ke kecap manisnya. Muantep deh..

  6. Catatan: Untuk gula pasir, aku kasih agak banyak. Karena untuk seimbangkan masakan lain yg asin-asin di Nasi Kuning, jadi yang manis-manis perlu, hehe. Tapi jangan terlalu manis juga ya, harus se-im-bang!.

  7. Kalau dirasa terlalu kental, boleh tambahkan air ya sedikit-sedikit.

  8. Masukkan tempe, terus aduk sampai rata bumbunya dan nempel di seluruh bagian tempe ya..

  9. Terus aduk sampai kuahnya kering. Api jangan terlalu besar ya, karena ada gula pasir nanti cepet gosong. Kalau udah gosong wah berabe, sepiring tempe ini bisa bau gosong semua (pengalaman pribadi 😭).

  10. Koreksi rasa jangan lupa! Setelah itu tinggal diangkut dari kuali dan disajikan, enaknya sama nasi kuning atau nasi uduk. Tapi digado pun enak, bikin ketagihan!.

  11. Nah ini buat pesanan hari ini nih, Liwet Cake dengan topping Kering Tempe.

Masukkan tempe, ikan teri dan kacang tanah.

Resep Tempe Orek, Menu Sederhana Yang Lezatnya Selalu Disuka.

Resep orek tempe / kering tempe banyak ditulis di berbagai buku buku memasak, namun kadang kala hasilnya kurang sempurna dalam arti rasanya kurang mantap, sebab belum dijelaskan bagaimana petunjuk lengkap cara memasak masakan kering tempe basah berikut ini.

Orek tempe kering. cara sangat mudah Bahan: Tempe Cabe besar Cabe rawit Bawang merah Bawang putih Siapa disini gak pernah makan tempe orek?

Tempe orek salah satu menu wajib di pesen kalo diwarung nasi Tahaap terakhir bikin pesanan nasi kuning adalah bikin kering tempe.

Seperti itu formula mudah memasak dengan cepat resep Kering Tempe / Tempe Orek temen makan Nasi Kuning, bunda juga bisa mencari lebih banyak lagi resep masakan menarik lainnya di situs kami, tersedia ribuan aneka resep makanan nusantara dan akan terus kita tambah dan kembangkan. Mulai dari kuliner sehat mudah, enak, dan bergizi sampai kuliner berlemak, susah, ribet, pedas, manis, asam asin ada di situs kami.